Friday, July 2, 2021

Covid-19 Varian Delta, Mengapa Virus Bisa Bermutasi?

Seiring dengan semakin meluasnya pandemi Covid-19 dan jumlah kasus positif yang semakin meningkat, muncul istilah varian Delta yang menjadi hasil mutasi Covid 19 paling baru. Varian inilah yang menjadi salah satu sebab kenapa lonjakan kasus yang terjadi begitu cepat dan banyak. Para ahli mengatakan bahwa mutasi ini memiliki sifat yang cenderung sangat mudah menular.

Tentu, sebagai masyarakat awam, sangat susah memahami tentang mutasi virus tersebut. Belum selesai dengan varian yang satu, varian Covid-19 lainnya muncul dan menebar ancaman yang lebih mengerikan. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah kenapa virus bisa bermutasi?

Covid-19 Varian Delta, Mengapa Virus Bisa Bermutasi

Sekilas Tentang Mutasi Virus

Tidak hanya Covid-19, sebenarnya pada umumnya virus memang bisa bermutasi. Perlu dipahami bahwa ketika suatu virus menginfeksi manusia, maka virus tersebut akan menempel pada sel, masuk ke dalamnya serta menggandakan RNA untuk kemudian menyebar ke seluruh bagian tubuh manusia. Hanya saja, pada pembentukan RNA ini sering terjadi perubahan yang kemudian disebut sebagai mutasi.

Dalam hal ini, virus bisa bermutasi secara terus-menerus. Tingkat sering atau tidaknya mutasi tergantung dari jenis virus itu sendiri. Selain itu, mutasi virus juga dipengaruhi oleh perbedaan geografis. Oleh karenanya, dalam kasus Covid-19, ditemukan kasus mutasi virus yang berbahaya di suatu negara, meskipun di negara lainnya tidak ditemukan adanya mutasi tersebut.

Mengapa Virus Covid-19 Bermutasi?

Pertanyaan yang lebih khusus yang muncul adalah kenapa Covid-19 bermutasi? Perlu diketahui bahwa virus pun mengalami proses seleksi alam. Virus memerlukan media sebagai inang untuk tubuh, termasuk Covid-19.

Dalam hal ini, Covid-19 memerlukan tubuh manusia untuk tetap survive. Virus tersebut akan melawan anti-bodi dari manusia dengan cara menggandakan diri dan menyebar ke penderita lainnya. Karena perpindahan inilah mutasi Covid-19 terjadi. Sebenarnya, mutasi Covid-19 tidak selalu menghasilkan virus yang lebih kuat. Bahkan, umumnya, virus hasil mutasi cenderung lebih lemah meskipun memiliki karakteristik yang berbeda.

Bagaimana Karakter Covid-19 Varian Delta?

Covid-19 varian Delta menjadi hasil mutasi paling anyar Covid-19 yang menjangkiti banyak sekali negara di dunia. Varian Covid-19 ini menjadi mimpi buruk yang nyata di mana pertambahan penderita Covid-19 menjadi sangat banyak dan melumpuhkan berbagai fasilitas kesehatan sehingga kematian karena Covid-19 juga turut naik.

Perlu diketahui bahwa varian Delta sebagai hasil mutasi Covid-19 ini memiliki sifat yang cenderung lebih mudah menular. Beberapa kalangan ahli medis mengatakan bahwa varian Covid-19 ini bisa menular dari penderita ke orang lain dalam waktu beberapa detik saja ketika berpapasan.

Selain itu, varian Covid-19 ini juga bisa menyerang anak-anak. Sebelumnya, anak-anak, terutama remaja, bukan termasuk usia rentan yang terkena Covid-19.

Hanya saja, memang ada beberapa kalangan yang memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan Covid-19 varian Delta ini. Beberapa kalangan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

·         Lansia yang berusia lebih dari 60 tahun

·         Seseorang dengan penyakit penyerta, terutama diabetes, gangguan pada paru, penyakit jantung, kanker dan penyakit dalam lainnya

·         Penderita gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan menurunnya kinerja imun pada tubuh, terutama HIV

Tentu, beberapa kalangan di atas harus melakukan pencegahan yang lebih agar tidak terjangkit Covid-19, terutama varian terbaru yang cenderung lebih mudah menular. Selain itu, masyarakat secara umum juga sebaiknya melakukan tindakan pencegahan karena setiap orang pada dasarnya memiliki risiko terjangkit yang sama.

Dalam hal ini, SehatQ.com terus berusaha memberikan informasi terbaru terkait Covid-19 agar pencegahan dan penanganan virus bisa dilakukan dengan lebih baik. Untuk informasi lainnya terkait gangguan kesehatan dan cara mengatasinya, Anda bisa membuka menu Direktori Penyakit yang tersedia.

Deskripsi: Covid-19 varian Delta muncul sebagai varian terbaru dengan sifat yang cenderung lebih mudah menular sehingga masyarakat awam seharusnya lebih waspada.